Rabu, 19 Oktober 2011

PERSEPSI DAN SENSASI


Persepsi dan sensasi bagaikan 2 buah mata koin yang berbeda tapi tidak bisa dipisahkan satu sama lain persepsi merupakan hasil pikiran dari pada sensasi. Sedangkan sensasi merupakan sebuah pengalaman atau sesuatu yang dirasakan dan diterima oleh kelima panca indra kita seperti
penglihatan menyalurkan sensasinya lewat mata
pendengaran menyalurkan sensasinya lewat telinga
pengecap menyalurkan sensasinya lewat lidah
penciuman menyalurkan sensasinya lewat hidung
peraba menyalurkan sensasinya lewat kulit

sensasi dapat diartikan
Sensasi adalah berasal dari kata “sense” yang artinya alat pengindraan, respon dari fisik yang dihasilkan oleh objek-objek yang terjadi ketika energi dalam tubuh merangsang reseptor ke dalam organ-organ pengindera.
Persepsi dapat diartikan
Persepsi adalah sebuah proses mengartikan dan menginterpretasikan kesan-kesan sensoris mereka guna memberikan arti bagi apa yang mereka terima.

 Contoh Pembedaan persepsi dengan sensasi

persepsi terkadang sering keliru dengan sensasi. Perbedaannya yaitu Sensasi hanya berupa kesan sesaat, saat stimulus baru diterima otak dan belum diorganisasikan dengan stimulus lainnya contohnya: wangi bunga mawar harum dan hanya sekedar merasakan lewat indra penciuman saja dan belum d interpretasikan melaui otak.
Sebaliknya persepsi memiliki contoh, saat otak mendapat stimulus wangi bunga mawar harum dan wangi tersebut mengingatkan akan temannya di masa lalu yang memakai farfum bunga mawar.
 
                                                 (sumber foto : dokumentasi pribadi)
Jadi dapat disimpulkan bahwa persepsi tidak akan terjadi tanpa adanya sensasi dan sensasi itu sendiri merupakan rangsangan yang ditangkap oleh indra manusia. Lalu barulah di artikan sebagai suatu persepsi oleh otak kita. Persepsi inilah yang merupakan kesadaran kita akan sensasi yang kita rasakan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar