Rabu, 19 Oktober 2011

Pendekatan psikologi tentang perilaku manusia


Pendekatan perilaku pada manusia memiliki beberapa macam dan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu diantaranya:
Sumber ini merupakan beberapa ringkasan dari situs www.wikipedia.com

Pendekatan neurobiologis
Pendekatan neurobiologis perilaku yang terlihat dengan impuls listrik dan kimia yang terjadi didalam tubuh serta menentukan proses neurobiologi yang mendasari perilaku dan proses mental. Dengan kata lain tingkah laku manusia pada dasarnya dikendalikan oleh aktivitas otak dan sistem syaraf.
Contohnya berupa pikiran dan emosi yang terdapat dalam sistem syaraf dan otak manusia

Pendekatan psikoanalisis 

dikembangkan oleh Sigmund Freud. Ia meyakini bahwa kehidupan individu sebagian besar dikuasai oleh alam bawah sadar. Sehingga tingkah laku banyak didasari oleh hal-hal yang tidak disadari, seperti keinginan, impuls, atau dorongan. Keinginan atau dorongan yang ditekan akan tetap hidup dalam alam bawah sadar dan sewaktu-waktu akan menuntut untuk dipuaskan.

Contohnya: id yang disebut pusat insting, ego disebut polisi kepribadian, dan superego hati nurani

 

Pendekatan perilaku
pada dasarnya tingkah laku adalah respon atas stimulus yang datang. Secara sederhana dapat digambarkan dalam model S - R atau suatu kaitan Stimulus - Respon. Ini berarti tingkah laku itu seperti reflek tanpa kerja mental sama sekali.
Contohnya perilaku manusia adalah merupakan hasil dari belajar

Pendekatan kognitif

Pendekatan kognitif menekankan bahwa tingkah laku adalah proses mental, dimana individu (organisme) aktif dalam menangkap, menilai, membandingkan, dan menanggapi stimulus sebelum melakukan reaksi. pendayagunaan kapasitas ranah kognitif manusia sudah mulai berjalan sejak manusia itu mendayagunakan kapasitas motor sensorinya. Hanya, cara dan intensitas pendayagunaan kapasitas ranah kognitif tersebut masih belum jelas benar.
Contohnya adalah pengetahuan manusia atau suatu individu dari dorongan mental yang diatur otak

Pendekatan humanistik
Pendekatan Humanistik adalah aliran dalam psikologi yang muncul tahun 1950an sebagai reaksi terhadap behaviorisme dan psikoanalisis. Aliran ini secara eksplisit memberikan perhatian pada dimensi manusia dari psikologi dan konteks manusia dalam pengembangan teori psikologis.
Contohnya Manusia bersifat intensional, mereka mencari makna, nilai, dan memiliki kreativitas


http://cai.elearning.gunadarma.ac.id/webbasedmedia/home 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar